Puasa Hari Ke Tujuh.

Hari ke tujuh puasa, masih melakukan aktivitas biasa, melaksanakan tugas di sekolah. Tidak ada yang terlalu berbeda dengan kegiatan hari-hari biasa. Waktu jam pembelajaran sudah ada ketentuan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengikuti edaran Pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk jam kerja ASN. Untuk jam kerja ASN yang 5 hari kerja berbeda dengan jam kerja ASN yang 6 hari kerja dalam satu minggu. Untuk ASN yang 6 hati kerja , jumlah jam kerja satu hari adalah 5, 5 jam. Jam masuk kerja mulai pukul 08.00 wita. Ketentuan  lebih detail sudah disebarkan ke seluruh instansi di Kabupaten  Lombok Barat termasuk ke sekolah saya. 

Sekolah saya jumlah hari kerjanya adalah 6 hari kerja. Sehingga ASN di tempat saya pulang jam 13.00 wita karena masuk jam 07.30 kecuali hari Jumat dan Sabtu, pulang lebih awal. 

Terkait  dengan jam belajar peserta didik, terdapat pengurangan waktu. Satu jam pelajaran dilaksanakan selama 25 menit. Ini artinya peserta didik pulang lebih awal juga. 

ASN di sekolah kami tidak mengikuti jam masuk seperti di atas yakni jam 08.00 wita, tetapi guru dan peserta didik sepakat untuk jam masuk pertama sama seperti biasa yakni pukul 07.00 wita. Kegiatan dari jam 07.00 wita diisi dengan kegiatan keagamaan sampai pukul 08.00 wita. Baik agama Islam maupun agama Hindu melaksanakan kegiatan keagamaan masing-masing. Ada alasan yang menyebabkan kami tidak mengikuti edaran masuk jam 08.00 wita. Salah satunya adalah alasan bahwa peserta didik sudah terbiasa masuk jam 07.00 wita. Kelebihan dan kekurangan dari ketentuan jam masuk dan jam pulang sudah diketahui bersama baik guru maupun peserta didik

Hari ke tujuh puasa,  peserta didik masih rutin melaksanakan kegiatan One Day One Juz One Grup. Kegiatan ini sudah berlangsung  selama tiga tahun setiap bulan Ramadhan. 

Kegiatan One Day One Juz One Grup di awali dengan kegiatan sholat Duha berjamaah. Peserta didik yang belum bisa membaca Al Qur'an tergabung dalam grup Iqra.' Koordiantor kegiatan adalah guru-guru yang ditetapkan pada rapat diperkuat dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang Panitia Kegiatan Bulan Ramadhan di antanya kegiatan ODOJOG. Dua kegiatan ini dimulai mulai pukul 07.00 wita. 







 
Bagaimana mekanisme pelaksanaan ODOJOG akan saya tulis dan post di blog ini. 
Semoga menginspirasi dan bermanfaat bagi pembaca.

Salam kangen , ratuku di hari ke tujuh puasa ini.

Lombok, 29 Maret 2023

Komentar

  1. Masya Allah....menginspirasj bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, tulisan selanjutnya nanti tentang bagaimana pelaksanaannya dari awal.

      Hapus
  2. Mantap kegiatan yg sangat positif, patut untuk di contoh dn insllh berkah untuk dunia pendidikan. Lanjutkan....

    BalasHapus
  3. Masya Allah kegiatan pagi yang penuh berkah. Membumikan Qur'an. Semoga selalu dimudahkan dalam belajar Qur'an ya anak-anakku...aamiin

    BalasHapus
  4. Sekolah penggerak dan KS nya memang hebat dan perlu diapresiasi sekaligus bisa jadi teladan

    BalasHapus
  5. Mantap Bu tulisannya

    BalasHapus
  6. Mantap Bu, kegiatan Ramadhannya. Beda sama di sekolah saya yang hanya 12 orang siswa yang muslim.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, saya selaku guru agama islam di tempat Ibunda, sangat bersyukur sekali, dengan arahan dan bimbingan dari Ibu kepala dan semua bapak, ibu guru program ini bisa berjalan... Program sangat bermanfaat, klo diuraikan di tulisan ini sangat panjang rasanya.. Program ini terlebih sangat bagus untuk diterapkan di SMP, SMA dan SMK
    Smga apa yang dilakukan bersama bisa mnjdi jalan kita masuk surga-Nya.

    BalasHapus
  8. Terimakasih infonya bu insyaallh mengispirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal sy bu yuni yg di grup virus literasi bu

      Hapus

Posting Komentar